Sejarah

Sejarah MSI

Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (selanjutnya disebut MSI UMY) didirikan pada tahun 2000 tepatnya tanggal 25 Rabiulawwal 1421 H/28 Juni 2000 berdasarkan Surat Keputusan Badan Pelaksana Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Nomor 165/SK-BPH/UMY/VI/2000. Program Studi (Prodi) tersebut merupakan program studi lanjut (pascasarjana) pertama yang diselenggarakan di UMY. Pendirian Prodi MSI dan atau program pascasarjana UMY dilatarbelakangi oleh keinginan persyarikatan Muhammadiyah Yogyakarta untuk mencetak para tenaga pendidik yang tangguh di bidang kependidikan, yang merupakan bidang amal usaha utama dan pertama bagi persyarikatan Muhammadiyah.

Pendirian Prodi MSI ini mendapat sambutan bukan hanya dari kalangan pendidikan di lingkungan Muhammadiyah, sehingga mahasiswa yang menuntut ilmu di Prodi ini dari berbagai organisasi Islam. Seiring perkembangan waktu, berbagai kerja sama dilakukan dengan berbagai pihak dan kementerian (departemen) sehingga dari tahun ke tahun kuantitas mahasiswa mengalami peningkatan signifikan. Hingga saat ini terhitung jumlah mahasiswa aktif lima tahun terakhir (sejak angkatan 2013) sebanyak 235 orang mahasiswa. Pada tahun 2000 Prodi MSI memperoleh status diakui berdasarkan Surat Keputusan menteri Agama No. 18 Tahun 2001. Hingga sekarang MSI telah meluluskan sebanyak 1260 orang alumni.

Pada awal tahun 2004 terjadi perkembangan mendasar di UMY, dimana MSI yan gpada saat itu menjadi satu-satunya Prodi diikuti dengan lahirnya yakni Prodi Magister Maajemen. Perkembangan berlanjut hingga didirikannya Program Doktor yang merupakan program doktor pertama yang diselenggarakan di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Prodi MSI menyelenggarakan lima konsentrasi yakni Psikologi Pendidikan Islam, Pemikiran Hukum Islam, Ekonomi Islam, Komunikasi dan Konseling Islam, dan Supervisi Pendidikan Agama Islam adalah konsentrasi kelima (program beasiswa kerjasama dengan PAIS Kemenag RI). Eksistensi MSI sebagai program studi kian mantap dan memperoleh pengakuan sebagai program studi yang terbukti memiliki kualitas yakni sejak diperoleh status terakreditasi dengan nilai B (per Juni 2010) oleh Badan Akreditasi Nasional, dan diperbaharui SK No. 789/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2015.