Nawari Ismail

Nawari Ismail

Dosen

Surel nawari@umy.ac.id
Blog
Pendidikan S1, edit, edit
S2, Cek, Cek
S3, Cek, Cek

Komunikasi dan Konseling Islam

Konsil Keagamaan dalam Pengembangan Kerukunan Umat Beragama:  Strategi optimalisasi peran konsil keagamaan dalam pengembangan kerukunan umat beragama di Indonesia, konflik peran, kendala  dan pemacu peran (2015-2017).

Relasi Sosial Islam Mapan, Islam Sempalan, dan Negara: Strategi pengembangan relasi sosial intrakomunal Islam  dalam kasus Syiah, Ahmadiyah, dan An Nadzir (2013-2014).

Pola Bertahan dan Perubahan Sosial Komunitas:  Strategi bertahan  dari  penganut agama lokal yaitu Agama Dam  di tengah-tengah perubahan sosial budaya yang terus berlangsung  agar supaya tetap  hidup (2009).

Konflik dan Budaya Lokal:  Model pengendalian dan penyelesaian konflik antar umat beragama di lima daerah di Indonesia: Mataram,  Pasuruan, Solo, Yogyakarta, dan Tasikmalaya (2005-2008)

Profil Budaya Cina Hakka:  Budaya orang Hakka di Singkawang, kehidupan keluarga dan relasinya dengan etnis lain (2004)

Budaya Korupsi: Upaya pencegahan korupsi dengan pendekatan budaya. (2004).

Regulasi di bidang pendidikan dan kerukunan umat beragama: Kebijakan pemerintah di bidang pendidikan dan pengaruhnya terhadap kerukunan antar umat beragama (2003)

Keluarga Beda Agama dalam Masyarakat Jawa Perkotaan:  Faktor peyebab berkembangnya keluarga beda agama, pengaruh orang tua dalam pembentukan agama anak, dan faktor penyebab tidak terjaidnya perceraian.  (2002);

Keterlibatan Agama Umat Beragama:  Keterlibatan   agama penganut agama Islam, baik yang berafiliasi kepada Nahdlatul Ulama maupun Muhammadiyah, dan umat Kristiani (1995)

Interaksi sosial antar umat beragama: Pola-pola hubungan antar tokoh-tokoh Agama dalam kerangka kerukunan umat beragama

Biografi

Lulus S1 pada Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Program S2 diselesaikan di Program Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan Konsentrasi Sosial Budaya Islam, sedang gelar Doktor bidang Antropologi-nya diperoleh di Universitas Indonesia (UI) Jakarta pada April 2010.  Selain aktif di persyarikatan Muhammadiyah, Beliau saat ini menjabat sebagai Dekan FAI periode 2011 -2013. Mengajar mata kuliah: Sosiologi Agama, Metodologi Penelitian, dan Epistemologi Islam.